-->

10 Makhluk Mitologi Jepang yang Bisa Membunuh Manusia


Jepang adalah negera dengan penganut animisme yang masih ada sampai sekarang. Salah satunya agama yang ada di Jepang adalah agama Shinto, yang mana agama tersebut menyembah matahari. Selain kental akan budaya, Jepang juga tak kalah dengan hal hal mistisnya, sebagai negara yang kini sudah maju di bidang teknologi, rupanya masyarakat Jepang juga mempercayai adanuya kehidupan lain ataupun makhluk makhluk yang hidup di dimensi lain dan hidup berdampingan dengan mereka. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah monster sungai atau masyarakat setempat menyebutnya dengan kappa. Kappa sering digambarkan memiliki penampilan badannya seperti anak kecil namun memiliki cangkang bak kura kura, wajahnya memiliki paruh seperti paruh kura-kura maupun paruh burung dan kepalanya botak. Namun rupanya tak hanya kappa yang dipercayai oleh masyarakat Jepang sebagai makhluk mitologi yang bisa mengambil nyawa manusia. Dibawah ini ada sepuluh makhluk mitologi Jepang yang diyakini bisa membunuh dan menghilangkan nyawa seseorang, berikut artikelnya

1. Yuki Onna

Makhluk mitologi yang diyakini bisa membunuh manusia adalah Yuki Onna, Yuki Onna adalah makhluk mitologi yang berupa perempuan yang tinggal di daerah bersalju (snow woman).. Rupa dari Yuki Onna sering digambarkan memiliki kulit putih seputih salju dan selalu memakai kimono berwarna putih. Kadang kadang rambutnya berwarna hitam pekar, namun tak jarang pula rambutnya berubah menjadi warna putih. Pada literatur kuno yang menggambarkan sosok Yuki Onna, Yuki Onna digambarkan bak wanita cantik. Banyak kisah yang menceritakan akan kemunculan Yuki Onna ini, ada yang bilang jikalau Yuki Onna ini adalah putri yang tinggal di Bulan dan turun ke bumi karena bosan dan tidak bisa kembali lagi ke bulan. Ada satu sisi yang menyeramkan dari berbagai kisah yang beredar mengenai Yuki Onna ini adalah dia adalah seorang vampir yang memakan jiwa orang orang-orang yang mati kedinginan (hipotermia)

yuki onna
Yuki Onna ~ http://www.nokami.com

2. Katakirauwa

Katakirauwa mungkin adalah salah satu makhluk mitologi Jepang yang bisa berlari atau berjalan dengan cepat. Katakirauwa ini mengambil bentuk babi baik anak babi maupun babi dewasa. Makhluk ini konon dipercayai bisa mengambil jiwa orang orang yang tinggal sendirian, karena Katakirauwa bisa merasakan orang orang yang ditinggal sendirian. Katakirauwa memang tak punya cakar atau taring yang tajam, namun Katakirauwa dipercaya bisa menghisap jiwa orang yang ia temui dan berjalan diantara kaki orang yang ia incar. Maka seketika itu orang yang berhasil ia lewati akan kehilangan nyawanya.

Katakirauwa ~ rankthegame.net

3. Yamata-no-Orochi

Dikisahkan, Yamata no Orochi ini adalah seekor naga yang memiliki delapan kepala, delapan ekor, dan tubuh yang cukup panjang untuk menutupi delapan puncak dan lembah.. Dikisahkan, Susanoo salah satu dari anak Izanagi, turun ke puncak gunung Torikami dan bertemu dengan pasangan tua, Ashinazuchi dan Tenazuchi dan anak perempuannya menangis tersedu-sedu. Mereka pun menjelaskan bahwa mereka lelah jika setiap tahun Yamata-no-Orochi datang untuk memakan anak-anaknya, dan kali ini mereka harus mengorbankan anaknya yang kesembilan, Inada. Demi menyelamatkan Kusinada, Susanoo menikahi dia dan menyihirnya menjadi sebuah sisir yang ia selipkan di rambutnya. Susanoo lalu memerintah kepada pasangan suami istri itu untuk meramu sake dan menyulingnya sebanyak delapan kali, dan juga membuat delapan gerbang penutup yang masing-masing berisi segentong sake.Yamata-no-Orochi pun terpancing untuk menghampiri umpan yang direncanakan. Dalam keadaan mabuk, Susanoo pun menebas semua lehernya, dan Ketika dia memotong-motong ekor naga itu, pedangnya patah dan tertancap di tubuh Yamata-no-Orochi dan memberikan naga itu kekuatan lebih. Setelah terkalahkan, Susanoo pun mencabut pedangnya, dan kini pedang itu telah menjelma menjadi pedang sakti yang bernama Kusanagi. Pedang itu selanjutnya diberikan kepada Amaterasu

Yamata No Orochi ~ http://vignette2.wikia.nocookie.net
 

4. Akkorokamui

Kalau di Skotlandia ada moster danau, di Jepang ada makhluk mitologi atau monster yang dikenal dengan Akkorokamui yang berbentuk gurita raksasa yang memiliki ukuran panjang 110 meter. Pada awal tahun 1900, bangsa Ainu mengklaim bahwa Akkorokamui menyerang tiga nelayan yang tengah menangkap ikan todak dan dipancarkan cairan jahat yang berbau busuk oleh sang gurita. Karena itu, Suku Ainu selalu membawa senjata di kapal mereka. Dengan cara itu, mereka bisa menangkis setiap serangan dari gurita jahat. Bahkan saat ini, beberapa orang mengklaim bahwa gurita besar itu masih hidup.

Akkorokamui ~ wattpad.com
 

5. Gashadokuro

Gashadokuro atau nama lainnya Odokuro merupakan tengkorak hidup raksasa yang tingginya berkali lipat melebihi tinggi manusia. Menurut kepercayaan Jepang Gashadokuro terbentuk dari tulang belulang orang-orang yang mati akibat kelaparan. Cerita rakyat menyebutkan bahwa pada malam hari mereka mulai memburu manusia dengan bergentayangan di jalanan, jika mereka menemukan manusia mereka akan menangkapnya lalu memakan kepalanya. Satu-satunya cara untuk mendeteksi akan kehadiran mahluk ini adalah terdengarnya suara berdering di salah satu telinga, yang menandakan Gashadokuro akan datang dan manusia harus bergegas berlindung, jika tidak gigi besar Gashadokuro akan membuat kepala anda terlepas dari leher. Gashadokuro juga memiliki ciri dimana bola matanya tidak terikat pada tulang mata dan tidak mampu berjalan tegak mungkin karena tidak ada nya otot yang mengikat tulang-tulang tersebut sehingga berjalan ia lebih terlihat seperti pergerakan cacing.

Gashadokuro ~ tumblr.com


6. Mikoshi-Nyudo

Tidak semua makhluk mitologi Jepang mengambil rupa seram dan binatang buas, Beberapa mereka ada pula yang mengambil wujud seperti manusia pada umumnya. Salah satunya adalah Mikoshi Nyudo yang berupa seperti biarawan atau pendeta yang tengah berkeliaran pada malam hari. Dia sering pergi ke daerah tenang, di mana ia bisa mencuri makanan manusia tanpa diketahui. Ketika menghadapi sebuah mikoshi-nyudo, Anda akan memiliki cukup banyak peringatan bahwa ada sesuatu yang salah sebelum ia mencoba untuk menyerang. Setelah Anda melihat ke dalam matanya, lehernya akan tumbuh memanjang. Semakin tinggi Anda menatap, semakin tinggi leher nya tumbuh. Akhirnya, dia akan menjadi begitu tinggi bahwa Anda akan jatuh ke belakang ketika Anda melihat dia. Pada saat itu, dia akan menyerang dengan gigi dan cakarnya. Jika Anda mencoba untuk berjalan pergi, dia akan menusuk Anda dengan bambu runcing.

Mikoshi Nyudo ~ yokai.com
 

7. Ikuchi

Makhluk mitologi Jepang lainnya adalah Ikuchi atau juga bisa disebut ayakashi. Menurut versi legenda sendiri, Ayakashi merupakan makhluk misterius yeng mirip seperti dengan seekor belut, tubuhnya tidak begitu besar namun panjangnya bisa mencapai ribuan meter. Jika Ayakashi melintas atau mengitari sebuah perahu kecil, bisa membutuhkan waktu sampai 2 sampai 3 hari untuk selesai mengitari perahu tersebut, karena ukurannya yang sangat panjang tersebut. Jika ada orang yang menceburkan diri untuk berupaya kabur ketika Ayakashi melintas d iatas perahu, maka tubuh orang tersebut akan meleleh akibat minyak yang dikeluarkan dari kulit Ayakashi.

Ayakashi ~ hyakumonogatari.wordpress.com
 

8. Otoroshi

Otoroshi adalah mahluk misterius yang hampir dapat di gambarkan seperti sepasang mata dan taring yang menonjol dari bayang bayang pusaran surainya. Hal ini sering mengatakan bahwa Otoroshi benar benar dapat menyembunyikan tubuhnya di rambut yang berputar liar dan panjang, dari yang dapat muncul setiap saat. Hal ini dapat berbaur bayangan dan membuat dirinya terlihat setiap kali keinginan. Perilaku Otoroshi dikenal di banyak daerah, sebagian besar dari mereka menjadi wordplays yang menunjukan ini adalah sebuah raksasa, surai liar yang menutupi tubuhnya dan penampilan yang menakutkannya. Mereka muncul sebagai hewan atau mahluk yang berbulu, membungkuk binatang berkaki empat dengan cakar dan taring sengit. Mereka dapat merubah kulit mereka menjadi biru atau orange.

Otoroshi ~ wikipedia.com

9. Shuten Doji

Menurut legenda, Shuten-doji lahir di Ganbara yang berada pada Provinsi Echigo. Meskipun demikian, ada juga sumber yang berasal dari dasar gunung Ibuki , dimana literatur Nihon Shoki menceritakan mengenai kekalahan dari ular raksasa Yamato no Orochi oleh Susanoo dalam sebuah pertarungan. Ular tersebut kemudian kabur dari Provinsi Izumo ke Provinsi Omi, kemudian memiliki keturunan dari putri orang kaya dan dikisahkan bahwa anaknya merupakan Shuten-doji. Shuten-doji sering disebut sebagai oni yang terkuat di Jepang. Dia pergi ke Kyoto dan memiliki banyak anak buah dengan Ibaraki-doji sebagai bawahan pertamanya. Markas mereka terletak di dasar gunung Ooe, sering muncul ke Kyoto dari waktu ke waktu untuk menculik para anak perempuan dari keluarga bangsawan, kemudian memotong mereka dengan pedang dan memakannya mentah-mentah. 

Shuten Doji ~ nocookie.net

10. Ushi-Oni 

Ushi Oni, atau dikenal juga dengan nama Gyuuki, adalah makhluk yang berbentuk monster berkepala lembu dengan tanduk dikepalanya. ada juga yang menggambarkan tubuhnya seperti laba2 dengan kepala lembu. Banyak legenda menyebutkan Ushi Oni tinggal di dalam kolam yang dalam dan air terjun di daerah Kumano (sekarang merupakan distrik Nishimuro dan Higashimuro) di prefektur Wakayama.Salah satu ushi oni digambarkan juga sebagai lembu jantan berkepala raksasa dan hidung yang berwarna merah. Dimalam hari ushi oni menyambangi kandang2 lembu, menjilati ternak2 lembu dan berkelahi dengan mereka. Namun hal ini jarang diketahui karena mereka bergerak hampir tanpa suara dan tanduk mereka lembut. tidak seperti tanduk kerbau lainnya. Di lembah Mino, di desa Outou. ada pula ushi oni yang digambarkan memiliki kepala seperti kucing, tubuh yang berwarna kuning dengan corak hitam, dan ekor yang mencapai 10kaki. Jika ada orang yang melihatnya, maka orang itu akan jatuh sakit dan mati.

Ushi Oni ~ wikipedia.com
 

 



Tag : Aneh Dunia
0 Comments for "10 Makhluk Mitologi Jepang yang Bisa Membunuh Manusia"

Dilarang meninggalkan link aktif...Biasakan komentar yang relevan dengan isi blog..Terima kasih telah memberikan komentar

Back To Top