-->

10 Tokoh Fiksi Paling Berpengaruh di Dunia

Di dunia ini banyak sekali individu individu yang berhasil menorehkan namanya di sejarah dunia, baik itu karena hal baik melalui penemuan ataupun prestasi yang bermanfaat bagi kehidupan orang banyak ataupun juga sebaliknya yang justru membawa kesengsaraan. Namun diantara orang orang yang memiliki pengaruh tersebut ternyata ada beberapa yang tidak pernah benar benar ada alias tokoh fiksi, meskipun fiksi, orang ataupun tokoh ini sangatlah dikenal dan memiliki pengaruh yang kuat di dunia hingga sampai saat ini, siapa saja mereka, berikut adalah 10 Orang Berpengaruh yang Tidak Pernah Benar Benar Ada versi Sepuluh Sepuh

1. Santa Claus

 Siapa yang tak kenal Santa Claus? Sosok orang tua gemuk yang memakai pakaian serba merah putih disertai janggut panjang ini selalu dinanti nanti anak anak seluruh dunia ketika Natal tiba. Apalagi kalau bukan hadiah yang akan diberikan Santa Claus atau Sinterklas ketika pagi hari Natal. Yap, memang sebenarnya Santa Claus itu adalah tokoh fiksi buatan orang Barat untuk mensiasati anak anaknya untuk selalu berperilaku baik. Dan sampai sekarang pun tokoh Santa Claus ini masih eksis sampai sekarang apalagi jika Natal akan segera tiba.

Santa Claus ~ http://mattfradd.com

2. Barbie

 Anda bisa tebak boneka apa yang begitu populer dari dulu sampai sekarang. Dialah Barbie. Barbie adalah boneka yang menjadi favorit banyak anak perempuan di dunia. Boneka ini menjadi fenomenal sejak pemunculan pertamanya hingga hari ini. Barbie merupakan satu dari banyak mainan yang berfokus pada pemasaran melalui televisi. Diperkirakan satu miliar boneka Barbie sudah terjual di 150 negara, dan Mattel selaku produsen Barbie mengklaim sekitar tiga boneka Barbie terjual setiap detiknya.Saking begitu suksesnya, tokoh Barbie ini pun sampai menginspirasi seorang wanita bernama Valeria Lukyanova yang mengubah penampilannya secara keseluruhan mengikuti boneka Barbie.

Barbie ` http://media2.fdncms.com

3. Robin Hood

Keberadaan tokoh Robin Hood sampai sekarang ini masih menjadi tanda tanya. Apakah benar benar ada atau tidak. Sampai saat ini belum ada litertatur sejarah yang membuktikan bahwa Robin Hood benar benar ada. Robin Hood dikenal sebagai tokoh yang membela kaum miskin dan lemah dengan merampas harta dari orang orang kaya dan membagi bagikan nya ke orang orang miskin di sekitarnya, Bagi sebagian orang Robin Hood adalah seorang pencuri namun sebagian yang lain mengatakan bahwa Robin Hood adalah pahlawan pembela kaum lemah. Secara kebetulan atau tidak, di Indonesia juga memiliki tokoh dengan karakter serupa yakni Si Pitung.

Robin Hood ~ reutersmedia.net

4. Cowboys

Cowboys atau koboi dalam ejaan Indonesia sering kali muncul di film film layar lebar yang mengangkat tema Wild West. Koboi adalah pahlawan besar dengan pistol bersinar yang mewakili moralitas dari cita-cita Barat: kejantanan, pertahanan keadilan, perlindungan perempuan dan anak-anak. Di setiap penampilannya pastilah ada gaya yang khas, yakni mengenakan topi koboi dan selalu menunggang kuda. DI dunia Barat, banyak anak kecil yang masih bercita cita menjadi koboi entah kenapa mungkin si koboi ini terlihat maskulin dan gagah sehingga anak anak laki laki banyak yang mengaguminya.

Cowboys ~ http://www.legendsofamerica.com

5. The Marlboro Man

Marlboro Man adalah karakter fiksi yang sengaja diciptakan untuk kampanye iklan rokok Marlboro selama rentang waktu yang cukup panjang, dari tahun 1954 hingga 1999. Marlboro man hadir sebagai sebuah ikon populer nan penuh dengan paradoks: dia dikagumi sekaligus dibenci, berpengaruh tetapi dijauhi, simbol yang penuh vitalitas dan semangat namun mempromosikan produk yang efeknya menghancurkan jasmani. Mengapa Pria Marlboro dinobatkan sebagai brand image paling berpengaruh dalam sejarah periklanan? Ini tak terlepas dari proses awal kreasinya, dan efektivitasnya dalam mengangkat penjualan maupun mengubah secara drastis citra produk yang diiklankan.

Marlboro Man ~ tribune.com.pk

6. Rosie The Riveter

Rosie the Riveter adalah ikon budaya Amerika Serikat, yang mewakili wanita Amerika yang bekerja di pabrik-pabrik perang selama Perang Dunia II,yang banyak di antaranya bekerja di pabrik manufaktur yang memproduksi amunisi dan material. Perempuan ini kadang-kadang mengambil pekerjaan yang sama sekali baru menggantikan pekerja laki-laki yang berada di militer. Karakter ini dianggap sebagai ikon feminis di Amerika Serikat. Lebih dari 310.000 perempuan bekerja di industri penerbangan Amerika Serikat kemudian ketika itu dan memenuhi 65% kebutuhan perang. Propaganda Rosie the Riveter terus bergulir dan bahkan tidak berhenti hingga dewasa ini.Boleh dibilang Rosie ini adalah simbol emansipasi wanita di negeri paman sam.

Rosie The Riveter ~ rebelcircus.com

7. Daedalus dan Icarus

Semenjak dahulu manusia sudah sangat berkeinginan untuk terbang melanglang buana ke seluruh penjuru dunia namun hal itu hanyalah mimpi sebelum Wright bersaudara menemukan mesin pesawat terbang. Jauh sebelum itu kita mengenal mitos akan kisah Daedalus dan Icarus, dimana Daedalus membuatkan sayap mekanik untuk anaknya Icarus dan sejak saat itu, manusia telah bernafsu setelah kemampuan untuk mencapai langit dan terbang. Dan sungguh ini akhirnya menjadi kenyataan.

Daedalus dan Icarus ~ nocookie.net
 

8. The Little Engine That Could

Dongeng berjudul ‘The Little Engine That Could’ adalah acuan berbagai hal positif yang harus dimiliki seorang anak. Sejak terbit pada tahun 1906, kisahnya selalu menjadi contoh bagaimana seorang anak harusnya bersikap. Apakah kalian juga salah satu yang terobsesi kisahnya?
The Little Engine That Could ~ http://www.handmadeology.com

9. Big Brother

Big Brother tak lain adalah tokoh fiksi yang dibuat oleh George Orwell lewat novel berjudul Nineteen Eighty-Four. Namun entah bagaimana, sosoknya bisa begitu populer sehingga selalu disebut-sebut dalam setiap protes warga yang diajukan pada pemerintah. Bagi banyak orang, dia adalah simbol keadilan.

Big Brother

10. Romeo dan Juliet 

Siapa yang tidak pernah mendengar kisah cinta Romeo and Juliet karya William Shakespeare. Walaupun hanya karakter dalam karya sastra, namun pengaruhnya luar biasa hingga saat ini. Banyak orang yang berpendapat bahwa kebahagiaan dalam satu hubungan ditentukan oleh romantisme dan hasrat, sehingga banyak muda-mudi yang mulai tidak realistis saat memperjuangkan hubungan. Meski demikian, kisah ini masih tetap jadi salah satu kisah cinta paling inspiratif di dunia.

Romeo dan Juliet ~ http://whimquarterly.com


Tag : Fakta Unik
0 Comments for "10 Tokoh Fiksi Paling Berpengaruh di Dunia"

Dilarang meninggalkan link aktif...Biasakan komentar yang relevan dengan isi blog..Terima kasih telah memberikan komentar

Back To Top