-->

10 Makana Sehat Penambah Sel Darah Merah

Sel darah merah sangat penting keberadaannya di dalam tubuh kita yakni berguna sebagai sarana transportasi atau mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan di dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Sel darah merah dalam istilah kedokteran dikenal dengan hemoglobin. Seiring waktu, sel-sel darah merah ini akan berkurang. Sumsum tulang terus membuat lebih banyak sel darah merah. Makanan tertentu dapat meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin. Apa sajakah makanan yang dapat meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh kita. Ini dia selengkapnya 10 Makanan Sehat Penambah Sel Darah Merah


1. Beetroot/Buah Bit

Image by dailymail.co.uk

Beetroot atau buah bit adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang memiliki ciri khas yakni berwarna ungu kemerah-merahan. Karena warna yang dihasilkan sangat bagus, tak jarang buah bit digunakan sebagai bahan dasar pewarna alami untuk warna merah atau ungu. Namun selain itu, buah bit juga banyak memiliki manfaat salah satunya adalah sebagai penawar racun dan penambah sel darah merah. Kandungan Vitamin A dan Vitamin C sangat banyak jumlahnya di buah yang dipercaya bisa mengobati kanker ini.

2. Bayam

Image by viva.co.id

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang umum dikonsumsi oleh masayarakat. Sayuran hijau ini berasal dari Amerika Tengah namun sekarang penyebarannya sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bayam tidak diragukan lagi sebagai salah satu sumber zat besi yang penting untuk tubuh, khususnya untuk pembentukan sel darah merah.

3. Kacang Almond

Image by toptenz.net

Kacang Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat diburu oleh orang. Meskipun harganya agak sedikit mahal ketimbang jenis kacang lain seperti kacang mede dan kacang tanah, tetap saja Almond tidak kehilangan pamornya sebagai sayuran yang berkhasiat. Selain untuk kesehatan, kacang almond diyakini sangat baik untuk perawatan kecantikan. Kacang Almond juga sangat kaya akan zat besi. Kandungan Zat besi di kaxang almond tiap ons nya bisa mencukupi 6 persen kebutuhan tubuh akan zat besi yang mana sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.

4. Brokoli

Image by teraswarta.com

Brokoli mengandung protein nabati dan zat besi untuk membantu pertumbuhan sel-sel darah merah dengan cepat. Brokoli juga mengandung vitamin C yang mengikat radikal bebas dna memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

5. Asparagus


Sayuran yang satu ini memang kurang familiar di sebagian kalangan orang. Asparagus memang bukan sayuran khas Indonesia, sayuran ini juga hanya ditemui di swalayan dan supermarket. Makan asparagus dapat mengurangi resiko anemia karena asparagus banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

6. Apel

Image by vemale.com

Buah yang satu ini sangat familiar dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Namun tak hanya sebatas pencuci mulut saja, rupanya Apel juga memiliki khasiat, salah satunya adalah meningkatkan kadar sel darah merah. Kandungan Zat besi dan mineralnya diyakini dapat memabantu mengontrol jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

7. Semangka

Buah yang banyak kandungan air nya ini memang sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim panas tiba. Namun disamping itu ternyata semangka juga bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah dan anti anemia juga. Kandungan zat besi di dalam semangka sangat baik untuk anda penderita anemis.

8. Kentang

Image by cikalnews.com

Selain tinggi akan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang baik untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik zat besi untuk vegetarian.

9. Kerang Darah


Kerang yang memiliki nama kerang darah ini memang memiliki warna seperti merah darah. Dari warnanya saja dapat diketahui bahwa kerang jenis ini memiliki kandungan hemoglobin yang tinggi. Cara memasak kerang darah direbus atau dikukus, tidak sampai matang seperti ada “darah.” Perlu dipahami, merebus kerang darah tidak dengan air. 

10. Selada


Sayuran hijau yang biasa ditemui di salad ini sangat kaya akan vitamin dan mineral yang kaya akan zat besi, tembaga, kalsium, kalium, dan potasium. kandungan tembaga dan zat besi dalam selada dapat membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.
0 Comments for "10 Makana Sehat Penambah Sel Darah Merah"

Dilarang meninggalkan link aktif...Biasakan komentar yang relevan dengan isi blog..Terima kasih telah memberikan komentar

Back To Top